Tips Memilih Plafon Minimalis Berkualitas untuk Hunian Modern

Tips Memilih Plafon Minimalis Berkualitas untuk Hunian Modern

Tips Memilih Plafon Minimalis Berkualitas untuk Hunian Modern
Memiliki hunian bersih, tertib rapi, dan indah adalah idaman tiap-tiap orang. Banyak cara untuk mewujudkan keinginan tersebut; salah satunya bersama memasang plafon yang tepat atau bisa dikatakan plafon minimalis.

Plafon atau biasa disebut langit-langit merupakan komponen interior yang halangi atap. Dulu, desain plafon klasik Eropa paling banyak diterapkan di Indonesia. Misalnya, rencana kapel sistina—hasil karya Micheangelo.

Kini, desain klasik tersebut dikolaborasikan bersama gaya modern. Salah satunya menghasilkan plafon minimalis yang diimplementasikan pada interior hunian di lahan terbatas.

Mengapa Rumah Membutuhkan Plafon? plafon minimalis

Selain menutupi atap sehingga tidak terlihat, tersebut ini lebih dari satu kegunaan plafon pada hunian modern.
Plafon Menjadikan Interior Tampak Luas dan Menarik
Interior merupakan anggota terutama berasal dari sebuah bangunan. Dengan merancang interior, Anda bisa menciptakan bermacam kesan. Di samping itu, penataan interior secara maksimal dan fungsional, menjadikan rumah sempit jadi kelihatan luas.

Untuk menampilkan kesan luas tersebut bisa dikerjakan bersama sesuaikan tata letak plafon. Semisal, Anda memakai tehnik up ceiling dalam memasang plafon. Teknik ini menjadikan ruangan terlihat lebih lega gara-gara lebih dari satu besar permukaannya naik.

Plafon Meminimalkan Udara Panas di Ruangan
Apakah rumah Anda tetap jadi panas meski memakai atap genteng? Hal itu wajar; genteng tidak semuanya menghalau cahaya matahari masuk ke dalam hunian; terutama kalau memakai asbes. Namun, bersama adanya plafon, suhu panas dapat diisolasi di ruang kosong pada atap dan langit-langit.

Mengurangi Efek Kebocoran dan Kotoran yang Masuk Lewat Atap Plafon Minimalis
Hujan deras yang berlangsung lama sering kali mengakibatkan kerusakan atap rumah. Akibatnya, atap hunian bisa bocor. Di sinilah kegunaan plafon; meminimalkan efek kebocoran. Air yang merembes dapat tertahan di plafon. Dengan demikian, barang-barang di dalam rumah tidak terkena efeknya.

Plafon Minimalis Menjadi Tempat Penyimpanan Barang yang Tidak Terpakai
Siapa bilang, hunian modern yang minimalis tidak bisa mempunyai gudang? area pada plafon dan atap bisa Anda jadikan area penyimpanan barang-barang bekas.

Namun, ada syaratnya—plafon harus terbuat berasal dari bahan yang kuat, bila kayu. Selain tidak gampang retak atau rusak, plafon bersama material ini bisa dikreasikan jadi bermacam bentuk. Misalnya, memberikan jendela di ruang pada plafon dan atap sehingga cahaya tetap masuk.

Untuk Mengaitkan Antena Televisi Indoor
Kelebihan memasang antena di luar ruangan, yaitu gampang mendapatkan tanda dan audio visual yang bagus. Namun, posisi tersebut berisiko terkena petir atau hilang. Jika Anda risau perihal itu terjadi, plafon bisa difungsikan sebagai area menyematkan antena. Asalkan penempatannya tepat, audio visual televisi tetap tajam dan jernih.

Memudahkan Peletakan Socket Lampu
Lampu merupakan furnitur mutlak yang harus ada di dalam rumah. Selain sebagai penerangan sementara gelap, lampu terhitung jadi hiasan.

Dengan adanya plafon, pemasangan lampu lebih mudah. Pasalnya, letak plafon lebih rendah ketimbang atap sehingga gampang dijangkau. Pun penempatannya bisa dikreasikan sehingga kelihatan menarik.

Tips Memilih Plafon Minimalis

Plafon minimalis yang diterapkan di rumah modern harus sesuaikan desain arsitektur. Beberapa karakteristik utama berasal dari hunian masa kini, pada lain simpel, elegan, bersih, dan mempunyai warna terang

Lalu, bagaimana cara pilih plafon minimalis yang tepat untuk hunian modern? Yuk, terapkan 10 tips ini!
Memilih Bahan Plafon Minimalis yang Tepat
Tips pertama, pastikan plafon terbuat berasal dari material yang cocok bersama desain rumah modern. Ketahui terhitung berlebihan dan kekurangan bahan tersebut. Sebagai referensi, Anda bisa pilih salah satu berasal dari lebih dari satu bahan tersebut ini.

Gipsum

Atap hunian Anda terbuat berasal dari pelat beton? Padukan atap tersebut bersama plafon gipsum. Bahan ini lumayan tebal sehingga bisa menghindar kebocoran.

Biasanya, gipsum dijual bersama ukuran 122 x 244 cm. Untuk menghimpun sambungannya dan ornamen, digunakan compound. Sementara itu, rangka gipsum berbahan besi hollow yang dipasang memakai rivet.

Tripleks
Tripleks merupakan papan berlapis yang memakai rangka kayu kaso. Ukuran kayu tersebut kurang lebih 4 x 6 cm atau 5 x 7 cm. Untuk tripleksnya, pastikan mempunyai ketebalan minimal 3-4 mm. Atau sehingga lebih kokoh, pakailah tripleks berukuran tebal 6 mm.

Plafon Kayu

Anda mengidamkan menciptakan nuansa tradisional di dalam hunian? Menggunakan plafon berbahan kayu adalah salah satu solusinya. Banyak style kayu yang bisa dipakai, pada lain agathis, keruing, bengkirai, momala, dan merbau.

Motifnya yang seragam menjadikan langit-langit rumah kelihatan unik dan punya nilai estetik tinggi. Selain itu, plafon kayu yang dipasang horizontal terhitung bisa menghidupkan kesan lega pada ruangan.

GRC
Glassfiber Reinforced Cement atau GRC terbuat berasal dari paduan semen dan serat. Teksturnya ringan, sama beton, serta mempunyai penguat berupa glassfiber.

Selain harganya terjangkau, plafon berbahan GRC terhitung gampang dibuat bermacam bentuk. Anda bisa merancangnya bersama lengkungan-lengkungan atau hanya berupa lembaran. Istimewanya lagi, GRC bisa bertahan hingga 25 tahun.

Asbes
Jika Anda dulu mendengar istilah eternit, itulah plafon berbahan asbes halus. Jenis ini banyak digunakan untuk rumah modern minimalis gara-gara pemasangannya mudah.

Plafon asbes cenderung tipis, namun tahan pada benturan. Anda bisa membeli bahan ini dalam wujud lembaran. Kalau ukurannya benar-benar besar, potonglah jadi lebih dari satu bagian.

Anyaman Bambu

Bagi Anda yang merindukan nuansa pedesaan, bisa memakai plafon berbahan anyaman bambu. Bahan ini umumnya mempunyai dua variasi warna cokelat yang dipasang berselang-seling. Supaya tambah menarik, tambahkan pernis pada permukaan anyaman.

Perhatikan Keserasian Warna
Warna merupakan unsur mutlak untuk menampilkan kecocokan di dalam hunian. Warna terhitung jadi penentu kesan yang muncul. Semisal, Anda mengidamkan interior rumah kelihatan mewah, artinya harus pilih warna-warna glamor.

Begitu pun dalam pilih plafon untuk rumah modern; pastikan Anda terhitung memolesnya bersama warna yang tepat. Berikut ini lebih dari satu semisal warna bernuansa minimalis, namun bisa menghidupkan kesan luas pada ruangan.

Merah
Warna merah bisa dipoleskan pada plafon kalau dinding interior bercorak putih cerah. Merah memberikan karakter tegas, antusias, serta berkekuatan penuh di dalam rumah.

Merah terhitung menciptakan ilusi tinggi pada plafon rumah. Dengan demikian, interior yang sempit bisa terlihat lebih luas dan lega.

Hijau
Ada dua warna hijau yang bisa diterapkan pada plafon. Pertama, hijau muda—efeknya lebih segar dan natural. Hijau terhitung berkesan gampang sehingga menunjang interior minimalis di rumah modern.

Warna ke dua adalah hijau lemon. Padukan warna ini bersama kuning muda atau putih sehingga ruangan kelihatan luas. Atau bisa terhitung dikombinasikan bersama keramik bercorak Meksiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *